Perjalanan Federer di Turnamen US Terbuka 2019

Petenis asal Bulgaria, Grigor Dimitrov menghentikan perjalanan Federer dalam US Terbuka dengan skor 3-6, 6-4, 3-6, 6-4, 6-2 atas Federer. Federer banyak melakukan kesalahan sampai pertandingan berakhir.

Putaran pertama vs Sumit Nagal

Setelah mampu mendapatkan debut Grand Slam pertamanya, petenis asal India ini mampu memberikan perlawanan berarti di putaran pertama US Terbuka 2019. Federer butuh 4 set untuk bisa menyingkirkan Nagal dari perjalanan turnamennya setelah Nagal unggul di set pertama 6-4.

Namun pada akhirnya Federer mampu membalikkan keadaan setelah menang set-set berikutnya dengan telak.

Putaran kedua vs Damir Dzumhur

Roger Federer kembali menunjukkan banyak kesalahan walaupun berhasil menang melawan Damir Dzumhur dengan skor  3-6, 6-2, 6-3, 6-4 untuk melaju ke putaran ketiga.

Menariknya Dzumhur yang berada di nomor 99 dunia berhasil mengalahkan Federer di set awal dan unggul 4-0 sejak pertandingan dimulai. Set pertama berhasil dimenangkan Dzumhur setelah Federer melanjutkan kesalahan sebanyak 17 kali sepanjang set pertama.

Baru di akhir set kedua Federer mulai panas dan memenangkan banyak rally sampai 4 set total.

Putaran ketiga vs Daniel Evans

Setelah kalah di kedua set pertama dalam dua pertandingan sebelumnya, Roger Federer akhirnya mampu panas lebih cepat setelah mampu unggul 3-0 atas Daniel Evans. Petenis asal Inggris tersebut seperti kalah kelas bertanding melawan Federer dengan skor 6-2, 6-2, 6-1.

16 besar vs David Goffin

Pertandingan tampak berjalan mulus bagi David Goffin setelah mampu membalas serve dari Roger Federer. Namun Federer menunjukkan tajinya sebagai pemenang 20 kali Grand Slam dengan skor 6-2, 6-2, 6-0 dalam putaran keempat US Terbuka pada Minggu pagi di Stadion Arthur Ashe.

Perempat final vs Grigor Dimitrov

Grigor Dimitrov mengambil kesempatan saat Roger Federer tidak dalam kondisi optimalnya untuk pertama kalinya mengalahkan petenis asal Swiss tersebut di kariernya dan melanjutkan perjuangan ke babak semifinal US Terbuka.

Setelah kalah dalam set pertama dan ketiga, petenis Bulgaria tersebut mampu membalas di set kedua, keempat dan kelima 3-6, 6-4, 3-6, 6-4, 6-2 atas Federer. Federer memang terlihat kelelahan dalam pertandingan yang berlangsung selama 3 jam tersebut.

Federer yang baru saja melangsungkan ulang tahunnya yang ke 38 pada 8 Agustus lalu, memang sudah mulai termakan usia, terlihat sejak akhir set keempat berlangsung. Dari saat itu Federer tampak sangat kelelahan dan Grigor Dimitrov mampu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membalikkan keunggulan di set keempat dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangannya di set kelima.

Yang menarik, pada set keempat pun, Federer sempat meminta time-out dengan alasan medis, ditemani timnya. Belum diketahui apa alasan yang sebenarnya di balik time-out tersebut, walaupun terlihat ia beberapa kali menggerakkan otot punggung berulang-ulang yang banyak pihak melihatnya sebagai tanda keletihan alih-alih cedera.

Setelah waktu istirahat yang hampir 10 menit, bentuk permainan terbaik yang sempat diperagakan Federer di awal set sebelumnya tidak terlihat lagi. Statistik pun menunjukkan Federer melakukan 61 kesalahan dengan 33-nya menggunakan sisi raket bagian dalam.

Selama ini Federer tidak pernah kalah melawan Dimitrov, dengan rekor 7-0, di mana Federer berhasil memenangkan 16 set dari 18 set yang dimainkan.

Padahal jika Federer bisa memenangkan US Terbuka ini, ia bisa menambah 5 koleksi US Terbuka yang sudah dimenangkan dan 15 trofi bergengsi lainnya. Sayangnya Dimitrov mampu mengalahkan Federer untuk mampu melanggeng ke semifinal ketiganya, dan pertama kalinya di New York.

Lawan yang sudah menunggunya di semifinal adalah Medvedev dari Rusia untuk satu posisi dalam pertandingan final yang akan diadakan pada 7 September nanti.