Prediksi Perjalanan Chelsea Musim Ini Bersama Lampard

Frank Lampard merupakan pilihan populer penggemar Chelsea dalam masa larangan transfer kali ini, terlebih setelah ditinggal oleh Eden Hazard.

Prediksi kami di Liga Inggris : ke-4

Peringkat musim lalu di Liga Inggris : ke-3

Prediksi Liga Champions : fase grup

Latar belakang Lampard

Sebagai pemain, Lampard sudah berhasil memenangkan gelar Liga Champions dan juga mencetak gol kemenangan untuk trofi Liga Inggris musim 2004/2005, setelah 50 tahun terakhir puasa gelar. Banyak pelatih memujinya sebagai seorang yang disiplin, pekerja keras dalam setiap sesi latihan, dan kemampuan leadership yang kuat sebagai senior saat masih memperkuat Chelsea.

Dari gaya kepelatihannya di Derby County musim lalu, tampak ada banyak pemain muda yang digunakan. Fakta ini menjadi angin segar bagi pemain akademi Chelsea seperti Callum Hudson-Odoi dan Mason Mount.

Lampard membela Chelsea selama 13 musim penuh dan relasinya dengan tim manajemen maupun tim pelatih Chelsea dapat mempercepat adaptasi visi Lampard ke klub. Pastinya ada dukungan kuat dari penggemar Chelsea walaupun performa Chelsea musim ini bisa jadi tertatih-tatih. Dan ini mungkin adalah salah satu alasan ia ditunjuk sebagai pelatih Chelsea.

Tantangan di Chelsea

Bagaimana tidak, Chelsea dihantam larangan transfer selama dua jendela bursa transfer. Masalah ini diperparah dengan hijrahnya Eden Hazard ke Real Madrid. Walaupun mendapatkan dana segar sebesar 88 juta Poundsterling, uang ini tidak dapat digunakan untuk membeli siapa pun, paling tidak sampai musim depan dimulai.

Apa pun alasannya, akan tetap berisiko untuk menggunakan jasa Lampard sebagai pelatih kepala baru menggantikan Maurizio Sarri sejak 4 Juli lalu. Seorang pelatih yang dibesarkan Juventus, di mana di musim pertamanya berhasil membawa Chelsea ke posisi ketiga Liga Inggris dan mengalahkan rival kota mereka, Arsenal di ajang Liga Eropa.

Target Lampard memang bisa jauh lebih ringan, paling tidak dia bisa beralasan kurangnya amunisi baru karena larangan transfer. Dan juga pindahnya Eden Hazard. Namun tandingan capaian lalu, yaitu di posisi 3 Liga dan gelar Liga Eropa secara bersamaan masih cukup berat untuk direalisasikan pelatih 41 tahun ini. Anggap saja target mereka ada di empat besar Liga Inggris, maka untuk itu mereka harus berhadapan dengan tim seperti Arsenal, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur dan juga Liverpool.

Potensi Chelsea

Paling tidak Chelsea masih diperkuat Christian Pulisic yang dibeli dengan harga 58 juta Poundsterling dari Borussia Dortmund sebelum hukuman transfer berlaku musim lalu. Pemain berkebangsaan Amerika Serikat ini bisa jadi pemain kunci dan akan mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar seiring ditinggalnya Hazard.

Ia memang baru berusia 20 tahun, namun secara fisik sudah mampu bersaing dengan banyak pemain Liga Inggris dengan kecepatan larinya. Energi ini bisa dimanfaatkan oleh Pedro atau Willian untuk membuat kesempatan mencetak gol di barisan pertahanan lawan.

Ada juga striker muda mereka, Abraham yang siap dibebani tanggung jawab di barisan depan. Setelah banyak striker mereka yang loyo mulai dari Giroud sampai Michy Batshuayi. Dan disinilah kemampuan leadership Lampard bisa dimanfaatkan untuk mematangkan Abraham dan juga Pulisic ke dalam jajaran pemain utama Chelsea.

Lampard pastinya akan membutuhkan waktu untuk merancang formasi paling tepat bagi komposisi tim saat ini. Kemungkinan besar ia akan memainkan formasi 4-2-3-1, berubah dari taktik Sarri 4-3-3, dengan maksud untuk menempatkan N’Golo Kante sebagai Anchorman di depan barisan pertahanan tim.

Musim ini bisa jadi musim transisi bagi Chelsea. Namun ekspektasi akan posisi empat besar di Liga masih sangat penting bagi klub, alih-alih berpikir tentang perjalanan Liga Champions mereka musim ini.

Akan bisa sangat mengejutkan jika ia mampu membawa Chelsea secara konsisten bertarung untuk trofi Liga Inggris pada akhir musim nanti. Kemungkinannya memang kecil, namun pastinya bisa jadi cerita yang luar biasa bagi penikmat sepak bola, apalagi pendukung Chelsea.