Debut Manis Griezmann di Barcelona Dihadang Chelsea

Pada pertandingan Selasa sore 23 Juli 2019, performa Griezmann yang solid tidak mampu membawa kemenangan dalam pertandingan pertama bagi klub nya dan ia digantikan pada jeda istirahat babak kedua.

Ulasan pertandingan

Chelsea berhasil melewati hadangan Barcelona di partai pembuka Rakuten Cup 2019 dengan skor 2-1 untuk mengangkat kembali kepercayaan diri pemain usai kalah dari Kawasaki Frontale di laga sebelumnya pada Jumat 19 Juli.

Performa ini menghalangi panggung debut yang cukup solid bagi Griezmann apalagi skor berakhir dengan kekalahan bagi Blaugrana. Ia bermain dalam 45 menit pertama pertandingan persahabatan Rakuten Cup yang merupakan bagian dari tur Barcelona di Jepang.

Walaupun tanpa memainkan Lionel Messi dan Luis Suarez, tim Barcelona tetap memainkan beberapa pemain bintang lainnya seperti Ousmane Dembele, Samuel Umtiti hingga Jordi Alba.

Hanya butuh 27 detik bagi Barcelona untuk mendapatkan kesempatan tendangan sudut, dan sejak saat itu pemain Barca terus menekan barisan pertahanan Chelsea dengan beberapa kali percobaan ke arah gawang. Terutama sundulan dari Griezmann yang tidak berhasil dimanfaatkan rekannya untuk membuahkan gol.

Walaupun begitu, sistem merebut bola dengan high press dari Valverde, cukup banyak menyita stamina pemain, dan malah Chelsea mampu menurunkan tempo permainan dan menguasai pertandingan mulai menit ke 20.

Apalagi saat mereka mampu unggul lewat gol dari Abraham, memanfaatkan kesalahan umpan dari Sergio Busquets di depan barisan pertahanan Barca. Kepercayaan diri pemain semakin tinggi di tengah lawan yang sudah kelelahan menekan sejak menit awal.

Secara keseluruhan performa dari Griezmann cukup solid, yaitu berhasil beberapa kali melakukan kombinasi tajam dengan pemain depan Barcelona lainnya.

Pemain seharga 120 juta Euro

Barcelona menggelontorkan sekitar 120 juta Euro atau setara 1,87 triliun Rupiah untuk mengaktifkan klausul kontrak kepindahannya dari Atletico Madrid. Semua proses transfer berhasil selesai pada tanggal 14 Juli 2019 yang lalu.

Griezmann sendiri yang berhasil memenangkan Piala Dunia 2018 bersama Prancis menyatakan sangat antusias dengan sambutan yang diterimanya dari tim dan manajemen Barcelona. Namun sampai sekarang, dari kabar yang berhembus, Messi belum mengucapkan apa pun kepada Griezmann, hanya Suarez yang sudah menyambut kedatangan pemain depan Prancis tersebut.

Hal ini diulas dalam wawancara sebelum pertandingan melawan Chelsea di Jepang. Ia memuji kehebatan dua bintang Barcelona tersebut dan persiapannya dalam pertandingan pra musim kali ini. Tidak lupa ia menjawab pertanyaan wartawan perihal persoalan transfernya antara tim lamanya Atletico Madrid dan tim barunya, Barcelona.

Beberapa sumber menyebutkan kalau Messi lebih memilih Barcelona untuk mendatangkan Neymar kembali ke Camp Nou dari klub Paris Saint-Germain. Namun jika kita analisis harga yang sudah digelontorkan untuk mendapatkan jasa Griezmann, tidak mungkin lagi bagi Barcelona untuk mendatangkan tambahan amunisi baru di barisan tim utama demi mengisi posisi sayap kiri, mengingat modal gaji dan transfer yang sudah digelontorkan dalam kontrak Griezmann.

Sampai saat pertandingan melawan Chelsea, pasangan Messi dan Suarez masih belum bergabung dengan tim utama dalam tur di Jepang mereka. Hal ini dikarenakan istirahat yang diberikan kepada keduanya setelah ikut berpartisipasi dalam Copa America membela Argentina dan Uruguay.

Kelanjutan dari transfer ini menyisakan permasalahan antara Atletico Madrid dan Barcelona. Karena seharusnya jika ingin mengaktifkan klausul kontrak milik Griezmann, hal tersebut hanya boleh dilakukan mulai tanggal 1 Juli. Namun diklaim pihak Atletico, Barca sudah mulai pembicaraan pembelian Griezmann sejak Maret 2019.