8 Stadion Sepak Bola Terbaik Di Dunia

Sepak bola, permainan yang indah dan agama bagi jutaan orang, selalu dimainkan di lokasi-lokasi spektakuler di seluruh dunia dengan ribuan penggemar berteriak dan menyemangati tim mereka. Stadion atau lapangan sepak bola sedikit berbanding lurus dengan klub-klub yang mereka selenggarakan di dunia sepak bola. Inilah sepuluh stadion sepak bola terbaik di dunia.

8. San Siro, Italia

Resmi bernama Stadion Giuseppe Meazza. Stadion ini terletak di distrik San Siro di Milan, Italia. Ini adalah stadion serbaguna yang berfungsi sebagai rumah bagi AC Milan dan Internazionale, atau Inter Milan. Stadion ini adalah tempat paling terkenal dan terbesar di Italia.

Stadion San Siro kandang AC Milan dan Inter milan

San Siro adalah salah satu stadion yang paling dipuja dan dihormati di dunia. San Siro telah menjadi tuan rumah final Piala Eropa dan Liga Champions. Kapasitas stadion diatur pada 80.018 penonton. Desain arsitektural memungkinkan visibilitas maksimum bagi setiap penonton, di mana saja mereka duduk.

7. Anfield Road, Inggris

Rumah dari slogan terkenal “You will never walk alone”. Anfield bukan stadion besar dalam hal kapasitas tetapi suasananya membuatnya legendaris.

Dengan kapasitas 45.276 penonton, tanah suci ini dikenal di seluruh dunia sebagai rumah Liverpool dan salah satu stadion hebat.

Stadion Anfield, kandang tim juara Liga Champions 2019, Liverpool

Stadion ini menyokong lima Piala Eropa di lokernya. Anfield selalu menyenangkan bagi anggota tim kunjungan mana saja, meskipun selalu menanamkan rasa takut ke dalam oposisi. Dari tanda “This Is Anfield” yang terkenal, yang tergantung di terowongan, hingga penggemar rumah yang bersemangat menyanyikan “You’ll Never Walk Alone,” Anfield akan selamanya menjadi favorit di antara para pemain dan penggemar.

6. Santiago Bernabeu, Spanyol

Santiago Bernabeu adalah stadion sepak bola yang terletak di kota Madrid, Spanyol. Ini telah menjadi rumah bagi Real Madrid sejak didirikan pada tahun 1947. Kapasitas Santiago Bernabeu saat ini adalah sekitar 85.454 penonton. Namun, ada rencana untuk lebih meningkatkan stadion dengan fasilitas komersial dan perusahaan. Dengan ini akan melihat peningkatan kapasitasnya untuk mengakomodasi lebih dari 90.000 penonton.

Stadion yang menjadi kandang bagi Los Galacticos

Stadion ini telah menjadi rumah bagi banyak pemain terbaik dunia selama bertahun-tahun. Orang-orang seperti Ferenc Puskas, Zinedine Zidane, Ronaldo, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo semua menghiasi tanah yang terkenal.

5. Stadion Azteca, Meksiko

Stadion Azteca adalah tempat asal Club América, dan tim nasional Meksiko. Stadion ini resmi dibuka pada 29 Mei 1966 dan telah direnovasi empat kali sejauh ini.

Sampai sekarang, itu adalah satu-satunya stadion dalam sejarah yang menjadi tuan rumah dua final Piala Dunia – 1970 dan 1986. Stadion ini terkenal dengan kapasitas 104.000 penonton dan suasana menggemparkan ketika penuh.

Stadion serbaguna yang dimiliki oleh Meksiko

Sayangnya untuk penggemar Inggris, itu juga merupakan tempat mencetak gol “Hand of God” dari Diego Maradona yang terkenal.

Estadio Azteca telah menyelenggarakan berbagai kompetisi olahraga internasional, termasuk Olimpiade Musim Panas 1968, Pan American Games 1975. Stadion Azteca adalah salah satu lapangan sepak bola terbaik di dunia dan merupakan yang terbesar kedua di dunia.

4. Camp Nou, Spanyol

Camp Nou adalah rumah besar klub Spanyol FC Barcelona. Ini adalah stadion sepak bola terbesar di Eropa dan terbesar ketiga di dunia.

Stadion kandang FC Barcelona yang selesai dibangun pada 1957

Kapasitas stadion adalah sekitar 98.757 dan secara resmi dibuka pada 24 September 1957. Moto Barcelona “mes que un club” (lebih dari sebuah klub) menjadi ikon di seluruh dunia sepak bola. Stadion ini adalah bagian besar dari semua yang diperjuangkan Barcelona.

3. Old Trafford, Inggris

Nama lain untuk stadion ini adalah “Theatre of Dreams”. Old Trafford adalah stadion sepak bola klub terbesar di Inggris. Di sinilah semua pertandingan kandang Manchester United berlangsung.

Selama perang dunia kedua, Old Trafford dirusak karena bom. Hal ini menyebabkan Man Utd berbagi Maine Road dengan saingannya Man City. Stadion ini membanggakan orang-orang seperti Sir Bobby Charlton, Eric Cantona, George Best, Ryan Giggs, dan lain-lain.

Stadion megah yang berjulukan ‘Theatre of Dreams’

Stadion ini menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola di Olimpiade Musim Panas 2012, termasuk sepak bola internasional wanita untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Old Trafford adalah stadion dengan tempat duduk dengan tribun Timur dan tribun Barat. Juga mempunyai tribun yang telah dinamai masing-masing mantan pelatih dan pemain, Sir Alex Ferguson dan Sir Bobby Charlton.

Ada pendapat berbeda mengenai Old Traffor. Anda antara mencintai mereka atau membenci mereka. Namun terlepas dari pandangan Anda, tidak ada alasan untuk menyembunyikan fakta bahwa “The Theatre of Dreams” adalah tempat yang benar-benar luar biasa.

2. The Allianz Arena, Jerman

Sebuah mahakarya di Jerman, Allianz Arena adalah rumah bagi Bayern Munich dan 1860 Munich. Pembangunan stadion dimulai pada 21 Oktober 2002 dan dibuka resmi pada 30 Mei 2005. Ini adalah satu-satunya stadion di seluruh Eropa yang mampu mengubah warna untuk mencerminkan tim mana yang sedang dimainkan. Stadion berubah menjadi merah ketika Bayern bermain dan biru untuk 1860 Munich sementara itu menjadi putih untuk Jerman.

Stadion megah kebanggaan Jerman yang eksterior dapat berubah warna

Allianz Arena sukses dan terkenal dengan kedua kelompok penggemar. Stadion ini adalah kesenangan penggemar berkat jarak antara lapangan dan penonton. Stadion ini dapat menampung 75.000 penonton dengan nyaman.

Allianz Arena yang relatif baru pasti akan membuat nama untuk dirinya sendiri sebagai salah satu stadion terbesar di dunia sepak bola selama bertahun-tahun yang akan datang.

1. Wembley,  Inggris

Dengan kapasitas 90.000 penonton, Stadion Wembley adalah stadion sepak bola paling ikonik di dunia.

Stadion yang sempat menjadi kandang sementara bagi Spurs

Wembley yang baru berada di lokasi Stadion Wembley 1923 sebelumnya dan dibuka kembali pada 2007. Stadion ini menyediakan salah satu atmosfer paling menggetarkan dalam dunia sepak bola. Desain baru telah mencakup segala yang hebat tentang stadion asli dan telah menambahkan lebih banyak. Menara Kembar yang terkenal mungkin tidak lagi berdiri, tetapi di tempat mereka adalah Wembley Arch.

Mengadakan beberapa acara paling bergengsi di sepak bola Eropa dan internasional sekarang menjadi hal biasa di “The Home of Football.”