6 Tim Sepak bola Dengan Pendukung Terbaik di Dunia

Seperti kebanyakan dari permainan yang ada di dunia, dimainkan dan ditonton oleh jumlah orang terbanyak dari setiap ras yang ada di seluruh dunia, para pendukung sepak bola juga telah menciptakan suatu budaya yang mendukung para pemain, pelatih, klub dan bagian lain dari dunia sepak bola yang membantu dalam menyuguhkan hiburan yang menarik untuk miliaran pendukung dari pertandingan profesional ini.

Ukuran berikut telah digunakan untuk menentukan basis pendukung terbaik untuk artikel ini:

– Suasana stadion

– Dukungan perjalanan

– Kesetiaan

– Perlakuan terhadap para legenda dan pemain saat ini.

1. Borussia Dortmund

Untuk sebuah kota dengan populasi yang mencapai angka 500.000, pihak berwenang Stadion Wembley menawarkan sebanyak 44.000 tiket untuk Final UEFA Liga Champions di 2013.

Mereka menerima lebih dari 450.000 permintaan untuk tiket tersebut, yang mengindikasikan bahwa sekitar 90% dari populasi kota tersebut rela untuk menempuh perjalanan dari rumah mereka, Rhineside untuk melihat jagoan mereka bertanding pada pertandingan besar dalam karier klub mereka.

Hal ini dengan sendirinya menunjukan sebuah level yang tinggi terhadap kecintaan mereka terhadap klub di antara para pendukung.

Pendukung Dortmund memiliki reputasi yang luar biasa mengenai perjalanan mereka, sebanyak 20.000 dari mereka menempuh perjalanan ke Madrid untuk leg kedua dari semifinal tahun tersebut dan menyemangati tim mereka melebihi Real di stadion tuan rumah mereka.

The Westfalonstadion, sekarang dikenal sebagai Signal Iduna Park, menyaksikan rata-rata kehadiran lebih dari 80.000 penonton di setiap permainan, yang sangat konsisten tertinggi di antara angka Eropa.

Mereka baik, basis pendukung yang bersopan santun, yang sukses dalam menciptakan hubungan dengan para penduduk lokal meski dalam pertandingan perjalanan.

Walaupun mereka sangat mudah ditebak untuk berada di pilihan teratas, alasan di baliknya sangatlah jelas ada pada banyaknya para pendukung sepak bola.

2. Liverpool

Final Liga Champions 2005 adalah malam Eropa terbaik untuk pendukung Liverpool dan mereka memastikan jejak mereka terasa di dalam pertandingan, sambil mereka semua terus menyoraki tim mereka yang telah tertinggal 3 gol oleh sang mesin tangguh Milan.

Dukungan tersebut tentu saja berperan sangat penting dalam membantu Liverpool untuk bangkit dalam pertandingan dan pada momen kemenangan penalti mereka.

Pendukung Liverpool tersebar jauh dan luas di dunia dan mereka memiliki kebanggaan tersendiri dalam memamerkan semangat mereka ke publik. Satu-satunya noda pada reputasi yang nyaring terdengar bersih dan fanatik adalah saat mereka terlibat pada tragedy Heysel setelah Final PIala Eropa pada tahun 1985.

Lagu kebangsaan YNWA dinyanyikan oleh para pendukung yang pergi di setiap pertandingan Liga Premier dan juga di setiap pertandingan yang dimainkan di luar Inggirs. Pada pra musim, di lokasi yang jauh seperti Melbourne, Australia, lagu ini masih melekat dengan para pendukungnya yang fanatik.

3. Manchester United

Old Trafford memegang reputasi sebagai stadion yang paling nyaring pada saat Liga Premier untuk waktu yang lama dan dengan pasukan yang sudah dibuat jadi lebih baik pada musim panas yang lalu, para United percaya bahwa mereka akan memiliki musim yang dapat diharapkan dengan antisipasi optimis.

Waktu-waktu berharga di Old Trafford tak dapat selamanya pergi, meski suasana para pendukung fanatik di stadion, terlihat sangat dipengaruhi oleh banyaknya pendukung tim yang bertandang dan membuat hidup mereka terlihat sulit pada sejarah sepak bola di Inggris.

Stadion adalah bagian yang penting dari warisan United dan di dalamnya ada patung dari Sir Alex Ferguson dan tiga Busby’s Babes yang terkenal.

United membanggakan diri karena dapat diperhitungkan sebagai merek terbesar di sepak bola, dan memiliki pendukung terbanyak nomor 3 di dunia berdasarkan sosial media (dua tim yang lain adalah Real Madrid dan Barcelona). Penampilan yang mendunia itu memberikan mereka basis pendukung yang sangat setia dan kuat di Asia, Afrika, dan bahkan Amerika Utara, tempat mereka bermain di depan 100.000 pendukung sepak bola ada pra musim untuk Piala International Champions.

4. Galatasaray

Beberapa survei di internet telah menyatakan bahwa bagian terbesar dari pendukung  sepak bola Turki, diyakini mampu untuk mengembalikan bagian negara yang paling terkenal, yaitu dikenal untuk menciptakan suasana yang sangat menakutkan dan mengintimidasi para tamunya.

Ryan Giggs pernah becerita pengalamannya saat mengikuti pertandingan tandang di Tuck Telekom Arena: “Saya tidak pernah mengalami hal yang saya alami di Galatasaray. Dua jam sebelum pertandingan dimulai, kami keluar untuk melihat ke atas dan stadion itu sudah penuh sesak!”

Para basis pendukung mereka terkenal berani nekat, pada beberapa kesempatan di pertandingan liga, melemparkan api dan beberapa barang-barang lain ke lapangan pada pertandingan tim sekota Fenerbahce-Galatasaray, meski begitu, semangat mereka cukup melegenda dan seperti yang jelas terlihat dari pengakuan beberapa pemain yang merasakan sensasi tergetarkan pada saat berjalan ke atas lapangan untuk bermain di depan ribuan pendukung yang sangat bersemangat ini.

5. Celtic

Berdasarkan pertandingan yang terkenal antara Celtic dan juara bertahan Eropa, Barcelona di Celtic Park, yang dimenangkan 2-1 oleh tim tuan rumah, Leo Messi bercerita seperti ini: “Saya beruntung dapat bermain di stadion-stadion yang hebat di Eropa dengan Barcelona, tetapi tidak ada yang dapat dibandingkan dengan Celtic. Suasana dari para pendukungnya membuat sebuah malam sepak bola Eropa yang indah.” Sangat sedikit yang dapat mengatasi suasana pertandingan besar ini di Glasgow.

Minat dalam sepak bola Skotlandia telah berkurang sejak permasalahan permusuhan kota Rangers yang telah membawa liga Skotlandia menjadi terlihat terhenti, tapi belum lama ini, Old Firm Derby ini menjadi pertandingan paling panas di Inggris. Basis pendukung Celtic tidak memiliki peran yang berarti dalam situasi tersebut, mereka berperan sebagai pemain ke 12 untuk tim mereka mencapai kesempurnaan.

Menonton pertandingan yang ada di Celtic Park, untuk jangka waktu yang lama, ada dalam  urutan daftar yang harus dilakukan oleh para pendukung sepak bola.

6. Bayern Munich

Juara bertahan klub Jerman, di dunia sepak bola Eropa dan domestik pada masa sekarang dan masa lalu, Bayern Munich, walaupun bukan tim yang paling disukai di Jerman, telah merangkak naik ke peringkat yang tinggi dengan warga terbanyak dari negara mereka.

Kelas dari klub ini yang dipastikan ada di atas menjaga para pendukungnya untuk terus setia, utuh dan bertumbuh pada angka yang cukup baik, sementara tim pemasaran mereka mengizinkan mereka untuk bersentuhan dengan jutaan pendukung dari daerah yang tak tersentuh sampai saat ini yaitu India, Timur Tengah, Arab, Afrika dan Australia.

Allianz Arena melaporkan rata-rata kehadiran yang mencapai 71.000 pendukung, yang diurutkan sebagai empat teratas secara jumlah di Eropa dan kedua terbaik di Jerman (setelah Borussia Dortmund). Angka ini hampir 90% dari kapasitas berdiri yaitu 80.000 (yang juga dihitung berdiri, sesuai dengan yang diperbolehkan di Bundesliga).