5 Pertandingan Tenis Akbar Terlama dalam Sejarah

Terlepas dari pertandingan AS Terbuka, tidak satu pun dari tiga Grand Slam memiliki tiebreak pada set terakhir, karena itu pertandingan masih akan berlanjut sampai salah satu pemain memimpin dua permainan saat set terakhir.

Mari kita lihat 5 Pertandingan Grand Slam Terlama dalam Sejarah yang pernah terjadi.

#5 Novak Djokovic vs Rafael Nadal, Final Australia Terbuka 2012 (5 jam dan 53 menit)

Pertandingan ini dianggap sebagai salah satu pertandingan terbaik sepanjang sejarah sehubungan dengan kualitas permainan antara kedua pemainnya.

Pada akhirnya, Novak Djokovic berada di puncak pertandingan setelah 5 jam 53 menit dan memenangkan gelar Australia Terbuka ketiganya.

Menariknya, pertandingan ini hanya memiliki satu tiebreak di set keempat, karena gaya permainan kedua pemain, pertandingan pun berlangsung selama berjam-jam dan berakhir saat tengah malam.

Kedua pemain sangat kelelahan setelah final selama pasca-pertandingan sampai mereka diberi kursi untuk duduk. Nadal Sang Petenis Spanyol melakukan istirahat pada set terakhir tetapi Djokovic merebut kembali skor 4-4. Dia menjatuhkan Nadal dengan skor 5-5 kemudian melakukan servis dan memenangkan set terakhir dengan skor 7-5

Hasil Akhir: Novak DJokovic melawan Rafael Nadal 5–7, 6–4, 6–2, 6–7(5–7), 7–5.

#4 Mark Knowles dan Daniel Nestor vs Simon Aspelin dan Todd Perry, Wimbledon 2006 (6 jam 9 menit)

Sampai sekarang, ini adalah pertandingan Grand Slam ganda terpanjang sepanjang sejarah. Mark Knowles dan Daniel Nestor menduduki puncak dalam pertandingan memukau melawan Simon Aspelin dan Todd Perry dalam enam jam sembilan menit dalam pertandingan yang berlangsung selama dua hari.

Knowles dan Nestor mendapati diri mereka tertinggal dalam 2 set, namun mereka berhasil bangkit dengan memenangkan set keempat dengan skor 6-3. Set terakhir terus berlangsung hingga selesai.

Hasil Akhir: Mark Knowles dan Daniel Nestor melawan Simon Aspelin dan Todd Perry 5–7, 6-3, 6–7(5–7), 6–3, 23–21 – 6 jam dan 9 menit

#3 Fabrice Santoro vs Arnaud Clément, Babak Pertama Prancis Terbuka 2004 (6 jam 33 menit)

Ini adalah pertemuan petenis Prancis di babak pertama Prancis Terbuka 2004 yaitu petenis berbakat Fabrice Santoro melawan Arnaud Clement.

Keduanya merupakan pemain Prancis. Dengan kerumunan ramai di belakang, mereka memainkan pertandingan paling mendebarkan sepanjang masa di lapangan tenis.

Pada akhirnya petenis dengan pukulan berbakat, Santoro, berhasil meraih puncak setelah enam setengah jam.

Hasil Akhir: Fabrice Santoro melawan Arnaud Clement 6–4, 6–3, 6–7(5–7), 3–6, 16–14

#2 Kevin Anderson vs John Isner, Semifinal Wimbledon 2018 (6 jam 35 menit)

John Isner dan Kevin Anderson memainkan semifinal terlama dalam sejarah Grand Slam, berada di puncak dengan pertandingan yang memikat berlangsung selama 6 jam dan 35 menit.

Isner telah populer memiliki berbagai pertandingan panjang selama bertahun-tahun dan ini hanya salah satu bagian pengalaman kecilnya.

Kedua pemain tidak mematahkan servis satu sama lain dalam dua set pertama. Pada set ketiga, mereka saling mematahkan dan Isner keluar sebagai pemenang di tiebreak. Namun, Anderson berjuang untuk menang di set ke-4.

Set ke-5 tidak terlihat satu pun servis yang dipatahkan hingga gim ke-50, akhirnya servis Isner dipatahkan oleh Anderson.

Hasil Akhir: Kevin Anderson melawan John Isner 7-6, 6-7, 6-7, 6-4, 26-24

#1 John Isner vs Nicolas Mahut, Wimbledon Babak Pertama (11 jam 5 menit)

Delapan tahun sebelum John Isner melawan Kevin Anderson, ia menghadapi Nicolas Mahut dalam pertandingan yang sampai saat ini adalah pertandingan terpanjang dalam sejarah tenis.

Pertandingan berlangsung selama tiga hari dan 11 jam dengan Isner berhasil menduduki puncak. Kedua pemain pun berfoto dengan papan skor setelah pertandingan usai.

Isner menahan keberaniannya hingga akhirnya mematahkan servis Mahut dan memenangkan pertandingan pada hari saat babak ke-2 telah dimulai.

Sulit membayangkan bagaimana setiap pertandingan pemecah rekor ini untuk waktu yang sangat lama.

Hasil Akhir: John Isner melawan Nicolas Mahut 6–4, 3–6, 6–7(7–9), 7–6(7–3), 70–68